Transformasi Program Pendidikan Diniyah sebagai Model Peningkatan Literasi Keagamaan
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7509Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis transformasi program pendidikan diniyah sebagai model peningkatan literasi keagamaan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan desain studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan metode analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa transformasi program pendidikan diniyah sebagai model peningkatan literasi keagamaan diimplementasikan melalui: 1) integrasi teknologi dalam pembelajaran, seperti penggunaan platform digital dan modul berbasis aplikasi, mampu meningkatkan partisipasi serta pemahaman siswa terhadap materi keagamaan, 2) Kurikulum yang adaptif terhadap perkembangan zaman juga berperan dalam memperkuat nilai-nilai religius peserta didik. 3) peningkatan infra struktur….. 4) kontribusi sosial…..dst (sesuai temuan atau lihat di table hasil penelitian). Namun, masih ada beberapa kendala, seperti keterbatasan penguasaan teknologi oleh tenaga pendidik dan minimnya infrastruktur digital di wilayah pedesaan serta perlu adanya pelatihan berkelanjutan bagi guru serta dukungan dari pemerintah dan pihak swasta dalam penyediaan sarana pembelajaran berbasis teknologi. Dengan demikian, transformasi ini dapat menjadi model pendidikan yang efektif dalam membangun generasi religius, kreatif, dan berdaya saing di era digital.