Integrasi Nilai Pendidikan Sosial Budaya dalam Pembelajaran IPS untuk Membentuk Karakter Siswa Kelas VI SD

Authors

  • Nur Hafifah Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Ponidi Ponidi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7520

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan dan memaparkan nilai pendidikan sosial budaya pembelajaran IPS dalam membentuk karakter siswa melalui integrasi nilai pendidikan sosial budaya. Dengan tujuan pendidikan di sekolah maupun di luar sekolah akan tetap mempengaruhi siswa, dengan mempengaruhi, membimbing dan mengajak siswa agar memiliki karakter yang di maksud. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif. Penelitian ini menganalisis nilai pendidikan sosial budaya pembelajaran IPS untuk membentuk karakter siswa/i kelas VI SD. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk pengembangan pembelajaran IPS yang lebih efektif dalam membentuk karakter siswa yang berakhlak mulia dan berkewarganegaraan yang baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai pendidikan sosial budaya pembelajaran IPS memiliki peran yang sangat strategis dalam pembentukan karakter siswa. Nilai pendidikan sosial budaya dalam pembelajaran IPS yang telah diintegrasikan terdapat keragaman budaya; gotong royong; tanggung jawab; keadilan; kejujuran; lingkungan; toleransi; demokrasi; nasionalisme dan perdamaian. Sementara itu, terbentuk pula karakter siswa berupa beriman-bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa; berkebhinekaan global; gotong royong; kreatif; bernalar kritis; mandiri.

Published

2025-03-11

How to Cite

Nasution, N. H., & Ponidi, P. (2025). Integrasi Nilai Pendidikan Sosial Budaya dalam Pembelajaran IPS untuk Membentuk Karakter Siswa Kelas VI SD. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(3), 3468-3474. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7520