Peran Guru dalam Analisis Butir Soal di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7534Abstract
Kajian tentang peran guru dalam analisis butir soal di SD negeri yang berada di banyuwangi, khususnya di SDN 2 Sumberagung penting untuk dikaji lebih mendalam. Hal ini disebabkan karena kajian tersebut yang terus-menerus menjadi bahan yang penting dalam proses evaluasi pembelajaran. Tujuan artikel ini yaitu, Pertama, Peran guru dalam analisis butir soal terhadap kualitas soal di SDN 2 Sumberagung. Kedua, Peran guru dalam analisis butir soal terhadap kompetensi guru. Ketiga, Peran guru dalam analisis butir soal terhadap prestasi belajar siswa di SD tersebut. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, serta dengan kajian pustaka menggunakan pendekatan analisis isi. Hasil yang ditemukan 3 hal: Pertama, Peran guru dalam analisis butir soal terhadap kualitas soal di SDN 2 Sumberagung ada 3 bentuk: (1) meningkatkan kualitas soal (2) keterlibatan utama guru dalam analisis (3) mengindentifikasi dan memperbaiki butir soal. Kedua, Peran guru dalam analisis butir soal terhadap kompetensi guru di SD tersebut ada 3 hasil: (1) meningkatkan kompetensi pedagogik guru (2) pentingnya hasil analisis oleh guru (3) adanya tantangan dan solusi dalam analisis. Ketiga, Peran guru dalam analisis butir soal terhadap prestasi belajar siswa di SD tersebut ada 3 hal: (1) identifikasi kelemahan siswa (2) penyesuaian tingkat kesulitan (3) kepastian validitas soal. Tulisan ini menunjukkan bahwa peran guru dalam analisis butir soal di SDN 2 Sumberagung memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.