Pengaruh Media Tulang Napier terhadap Kemampuan Berhitung Materi Perkalian pada Siswa Kelas IV di Sanggar Bimbingan Kampung Baru Malaysia

Authors

  • Nadia Nadia Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia
  • Syamsuyunita Syamsuyunita Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7535

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh media Tulang Napier terhadap kemampuan berhitung materi perkalian pada siswa dikelas IV Sanggar Bimbingan Kampung Baru Malaysia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validasi ahli dan uji hipotesis. Hasil uji validitas ahli media memperoleh (persentase 95%) yang berarti sangat tinggi dan layak digunakan, uji validitas ahli materi memperoleh (persentase 90%) yang berarti sangat tinggi dan layak digunakan. Hasil yang diperoleh dari uji hipotesis nilai sig. 2- tailed sebesar 0,000, yang berarti lebih kecil dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan setelah diterapkan media Tulang Napier dan sebelum diterapkan media Tulang Napier dalam pembelajaran materi perkalian dikelas IV tersebut, yang berarti bahwa penggunaan media Tulang Napier berpengaruh terhadap kemampuan berhitung materi perkalian pada siswa kelas IV di Sanggar Bimbingan Kampung Baru Malaysia.

Published

2025-03-12

How to Cite

Nadia, N., & Syamsuyunita, S. (2025). Pengaruh Media Tulang Napier terhadap Kemampuan Berhitung Materi Perkalian pada Siswa Kelas IV di Sanggar Bimbingan Kampung Baru Malaysia. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(3), 3500-3505. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7535