Analisis Facilitating Learners’ Digital Competence Calon Guru Vokasional dalam Praktik Keterampilan Mengajar di SMK
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7536Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kategori tingkat kemahiran dan menganalisis aspek Facilitating Learners’ Digital Competence mahasiswa sebagai calon guru vokasional dalam Praktik Keterampilan Mengajar (PKM) di SMK, berdasarkan The European Framework for Educators Digital Competence (DigCompEdu). Metode penelitian menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan UNJ yang sudah melaksanakan Praktik Keterampilan Mengajar (PKM) sebanyak 115 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemahiran calon guru vokasional pada aspek Facilitating Learners’ Digital Competence berada pada tingkat Leader (C1), didapat dari mayoritas responden sebanyak 75 dari 115 berada di dalam kategori Leader. Dari hasil data menunjukkan bahwa mayoritas responden berada di tingkat Leader (C1) sebanyak 65,22%, tingkat Expert (B2) sebanyak 21,74%, dan tingkat Pioneer (C2) sebanyak 13,04%. Berdasarkan dari indikator yang diukur, Problem Solving memiliki persentase paling tinggi yaitu 71,54%, diikuti Responsible Use sebesar 67,85%, Communication sebesar 67,23%, Information & media literacy sebesar 63,63%, dan Content Creation sebesar 61,42%. Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa calon guru vokasional memiliki pemahaman yang konsisten dan menyeluruh dalam menggunakan teknologi digital untuk mengembangkan praktik pedagogis dan profesional, terutama pada kemampuan memecahkan masalah pada pembelajaran.