Strategi Kepemimpinan Transformasional dalam Menghadapi Tantangan Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7542Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendalami tentang strategi kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam menghadapi tantangan Kurikulum Merdeka Belajar di SMA Dharma Tanjung Sampang. Metode yang digunakan adalah analisis fenomenologi untuk mengidentifikasi dan mengeksplorasi bagaimana kepemimpinan transformasional dapat merumuskan langkah-langkah efektif dalam menyikapi perubahan kurikulum yang mengedepankan partisipasi aktif dari seluruh pemangku kepentingan. Hasil studi ini menunjukkan bahwa kepala sekolah yang menerapkan strategi kepemimpinan transformasional mampu menciptakan lingkungan belajar yang inovatif dan suportif, meningkatkan motivasi dan kinerja staf serta siswa, serta meminimalisir resistensi terhadap perubahan. Namun, tantangan dalam implementasi, termasuk kesiapan pendidik, teknologi, dan pola pikir konvensional yang masih ada, perlu diatasi dengan kerjasama yang sinergis antara sekolah, pemerintah, dan masyarakat. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam memahami peran kepala sekolah sebagai agen perubahan dalam konteks pendidikan yang dinamis.