Implementasi TV Sekolah sebagai Media Pembelajaran di Kelompok Bermain Mutiara Bunda Mertoyudan Magelang
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.756Abstract
Media pembelajaran merupakan alat atau media yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar. Sumber media pembelajaran dapat berupa gambar, audio, grafik, video, bahkan channel TV. Hal ini dilakukan untuk merangsang minat belajar anak agar perkembangan menjadi lebih optimal. Media pembelajaran juga mampu menjadi salah satu alat pendukung keberhasilan proses belajar mengajar, serta memungkinkan kegiatan belajar mengajar dapat mencapai tujuannya secara efektif, sehingga anak dapat mencapai perkembangan yang diharapkan. Salah satu media yang digunakan di Kelompok Bermain Mutiara Bunda adalah TV Sekolah. TV sekolah merupakan salah satu solusi untuk menjadi media pembelajaran di Kelompok Bermain Mutiara Bunda Mertoyudan Magelang. Dengan memanfaatkan TV sekolah sebagai media pembelajaran, kegiatan pembelajaran di Kelompok Bermain Mutiara Bunda lebih bervariasi serta tidak monoton. Pendidikpun semakin kreatif untuk menampilkan program-program yang akan ditayangkan melalui channel TV sekolah. TV Sekolah selain dapat diakses di sekolah bersama guru dan siswa lainnya, juga dapat dinikmati di rumah bersama orangtua dan anggota keluarga lainnya. Dengan TV Sekolah, kegiatan belajar mengajar di Kelompok Bermain Mutiara Bunda lebih bervariasi, tidak monoton dan semakin kreatif. Semua siswa dan pendidik dan bahkan orangtua di Kelompok Bermain Mutiara Bunda sangat antusias menyambut TV Sekolah sebagai salah satu media pembelajaran. Dengan TV Sekolah, pembelajaran lebih bervariasi karena program-programnya dapat dirubah dan diatur sesuai keinginan dan kreativitas pendidik.