Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Berbasis Komering Heritage pada Materi Narrative Texts
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.7600Abstract
Di era saat ini Pentingnya proses pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi tidak dapat diragukan lagi dalam konteks pendidikan modern. Dengan teknologi yang semakin canggih, penggunaan media pembelajaran digital memberikan aksesibilitas yang lebih luas terhadap informasi dan materi pembelajaran. Interaktivitas yang ditawarkan oleh media-media ini tidak hanya membuat pembelajaran lebih menarik bagi siswa, tetapi juga memungkinkan adopsi berbagai gaya pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran berupa komik digital yang didasarkan pada warisan budaya Komering khususnya pada mata pelajaran Bahasa Inggris, Melalui pembelajaran tentang warisan budaya Komering, diharapkan siswa dapat meningkatkan kemampuan membaca Narrative Texts. Pendekatan berbasis warisan budaya Komering digunakan untuk membuat materi pembelajaran lebih relevan dan menarik bagi siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan yang di adobsi dari ADDIE Yakni, Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Pada penelitian ini dilakukan 3 tahap. Adapun hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa media komik digital merupakan alat yang efektif untuk meningkatkan proses pembelajaran. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan komik digital tidak hanya menarik perhatian siswa, tetapi juga membantu mereka memahami materi dengan lebih baik. Dengan menggabungkan elemen visual dan narasi, komik digital menciptakan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan.