Analisis Kepuasan Siswa terhadap Implementasi Metode Pengajaran Guru di Madrasah Tsanawiyah Robithatul Qur'an

Authors

  • Moh. Yoga Hidayatullah Universitas Nurul Jadid, Indonesia
  • Moh Rifa’i Universitas Nurul Jadid, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7614

Abstract

Pendidikan memiliki peran penting dalam membentuk sumber daya manusia yang berkualitas, salah satunya melalui penerapan metode pengajaran guru. Penelitian iini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan siswa terhadap mplementasi metode pengajaran guru di Madrasah Tsanawiyah Robithatul Qur'an Prasi Gading Probolinggo, yang mengintegrasikan pendidikan umum dengan pendidikan keislaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode survei melalui kuesioner berskala Likert dan wawancara semi-terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 78% siswa merasa puas hingga sangat puas terhadap relevansi materi pelajaran yang diajarkan. Analisis korelasi juga menunjukkan hubungan positif yang signifikan antara kualitas pengajaran guru dan tingkat kepuasan siswa. Namun, terdapat tantangan dalam penggunaan teknologi pembelajaran, di mana 45% siswa menyatakan pemanfaatan teknologi masih kurang optimal. Temuan ini menegaskan pentingnya pelatihan guru untuk meningkatkan keterampilan pedagogik dan penggunaan teknologi. Selain itu, pengembangan kurikulum integratif yang menyeimbangkan pendidikan agama dan umum serta peningkatan fasilitas pendukung menjadi aspek penting untuk diperhatikan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi madrasah lain dan pengambil kebijakan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di madrasah, sehingga dapat mencetak generasi yang unggul baik secara akademik maupun spiritual.

Published

2025-03-12

How to Cite

Hidayatullah, M. Y. ., & Rifa’i, M. . (2025). Analisis Kepuasan Siswa terhadap Implementasi Metode Pengajaran Guru di Madrasah Tsanawiyah Robithatul Qur’an. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(3), 3540-3546. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7614