Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Manduamas

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.768

Abstract

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar siswa di SMP N 2 Manduamas. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eskperimen yang diterapkan kepada peserta didik yang menjadi subjek dalam penelitian ini. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP N 2 Manduamas yang berjumlah 60 orang yaitu kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik digunakan instrumen berbentuk tes pilihan ganda yang berjumlah 20 soal. Sebelum diberikan perlakuan kepada kedua kelas, hasil rata-rata skor pretest eksperimen 38,67 dan untuk hasil pretest kelas kontrol 34,50. Setelah diberikan perlakuan dengan strategi pembelajaran yang berbeda maka diperoleh hasil rata-rata skor posttest kelas eksperimen 65,67 dan untuk posttest kelas kontrol 58,33. Hasil uji prasyarat data pretest dan posttest menyatakan bahwa sampel berdistribusi normal dan homogen yang telah diuji dengan uji Liliefors menggunakan SPSS. Pengujian hipotesis menggunakan uji t satu pihak berbantuan SPSS. Hasil perhitungan yang diperoleh bahwa signifikansi t < 0,05 adalah (0,032 < 0,05). Berdasarkan hasil analisis yang telah didapatkan maka diperoleh analisis regresi linearnya yaitu Y = 22,494 + 0,655X. Persentase peningkatan hasil belajar peserta didik sebesar 12,58%. Dari hasil perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran berdiferensiasi berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP N 2 Manduamas.

Published

2022-08-01

How to Cite

Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Manduamas. (2022). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 2883-2890. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.768