Integrasi Kearifan Lokal dalam Pendidikan STEM: Studi Awal Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik

Authors

  • Masayu Husnul Khotimah Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Ketang Wiyono Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Ida Sriyanti Universitas Sriwijaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i5.7790

Abstract

Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan E-LKPD berbasis STEM yang mengintegrasikan kearifan lokal dapat memberikan dampak positif pada pemahaman siswa terhadap konsep fisika. Dengan membuat materi lebih relevan dan kontekstual, serta mengaitkannya dengan kehidupan sehari-hari siswa, keterlibatan mereka dalam pembelajaran meningkat. Integrasi kearifan lokal dalam pendidikan STEM dapat menjadi solusi untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap fisika, dan memberikan pendekatan pembelajaran yang lebih menarik serta aplikatif. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate) dengan metode pengumpulan data melalui survei dan wawancara terhadap siswa serta guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa membutuhkan sumber belajar yang lebih interaktif dan kontekstual agar mampu memahami konsep-konsep fisika dengan lebih baik siswa juga menginginkan contoh yang dekat dengan kehidupan sehari-hari, agar mempermudah pemahaman siswa terhadap materi. Selain itu, integrasi elemen kearifan lokal terbukti dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran serta memperkuat keterkaitan antara teori dan aplikasi dalam kehidupan sehari-hari.

Published

2025-05-01

How to Cite

Khotimah, M. H. ., Wiyono, K. ., & Sriyanti, I. . (2025). Integrasi Kearifan Lokal dalam Pendidikan STEM: Studi Awal Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(5), 4634-4640. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i5.7790