Efektivitas Penerapan Metode P2R (Preview, Read, Review) dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Ekstensif Siswa Kelas V UPT SD Negeri 6 Timoreng Panua

Authors

  • Nur Azisah Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang, Indonesia
  • Nuraini Kasman Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang, Indonesia
  • Suardi Zain Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang, Indonesia
  • Suhartini Khalik Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i5.7833

Abstract

Kemampuan membaca ekstensif merupakan salah satu keterampilan dasar yang penting untuk dikembangkan sejak dini guna mendukung pemahaman siswa. Penelitian ini berfokus pada penerapan metode P2R (Preview, Read, Review) dalam pembelajaran keterampilan membaca ekstensif pada siswa kelas V UPT SD Negeri 6 Timoreng Panua, dengan tujuan untuk menguji efektivitas metode P2R dalam meningkatkan keterampilan membaca ekstensif yang dapat diterapkan di sekolah. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis pre-experimental model one group pretest-posttest design, yaitu desain yang melibatkan pengukuran data awal (pretest), pemberian perlakuan (treatment), pengukuran data akhir (posttest), serta analisis data menggunakan uji statistik. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V UPT SD Negeri 6 Timoreng Panua yang terdiri dari 22 siswa, yaitu 13 laki-laki dan 9 perempuan, yang melibatkan satu kelas. Data dikumpulkan melalui observasi yang berkaitan dengan aktivitas siswa dalam pembelajaran, serta melalui tes awal dan tes akhir untuk mengukur keterampilan membaca ekstensif sebelum dan sesudah penerapan metode P2R. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan skor rata-rata membaca siswa dari 61 menjadi 81. Uji statistik menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test menunjukkan nilai Z = -4.127 dengan nilai p < .001. Nilai ini mengindikasikan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest, yang berarti metode P2R terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca ekstensif siswa. Temuan ini tidak hanya memperkuat potensi metode P2R dalam konteks pembelajaran membaca, tetapi juga mengisyaratkan kemungkinan penerapan pendekatan serupa dalam mengembangkan aspek literasi lain yang relevan dengan kebutuhan siswa di tingkat dasar.

Published

2025-05-01

How to Cite

Azisah, N. ., Kasman, N. ., Zain, S. ., & Khalik, S. . (2025). Efektivitas Penerapan Metode P2R (Preview, Read, Review) dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Ekstensif Siswa Kelas V UPT SD Negeri 6 Timoreng Panua. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(5), 4862-4868. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i5.7833