Pengembangan Media Pembelajaran Playmate Sensory sebagai Stimulasi Indera Pada Anak Usia Dini

Authors

  • Dina Rahmawati Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Sri Setyowati Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Mallevi Agustin Ningrum Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Kartika Rinakit Adhe Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Andi Kristanto Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.7842

Abstract

Artikel ini membahas pentingnya inovasi media pembelajaran yang mendukung perkembangan sensorik anak usia dini. Pada masa ini, stimulasi indera sangat krusial dalam membentuk dasar keterampilan kognitif, motorik, dan sosial anak. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media Playmate Sensory yang mampu merangsang sistem indera melalui aktivitas fisik menyenangkan seperti berjalan di atas permukaan bertekstur dan melompat mengikuti pola. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan literature review, yang melibatkan telaah pustaka terhadap teori-teori perkembangan anak, prinsip pembelajaran sensorik, dan hasil implementasi media serupa. Tahapan penelitian meliputi identifikasi kebutuhan anak usia dini, perancangan media berbasis jalur sensorik, dan analisis efektivitasnya terhadap stimulasi indera anak berdasarkan studi sebelumnya. Hasil menunjukkan bahwa Playmate Sensory berkontribusi signifikan dalam menstimulasi indera sentuhan, keseimbangan, dan propriosepsi, serta mendukung perkembangan motorik kasar, kognitif, sosial-emosional, dan pedagogis anak secara terintegrasi. Artikel ini menyimpulkan bahwa media tersebut dapat menjadi bagian penting dalam lingkungan belajar anak yang aktif, kontekstual, dan menyenangkan, sekaligus merekomendasikan peran kolaboratif antara guru, orang tua, dan lembaga pendidikan untuk optimalisasi penggunaannya secara berkelanjutan dalam kurikulum anak usia dini.

Published

2025-07-06

How to Cite

Rahmawati, D., Setyowati, S. ., Ningrum, M. A. ., Adhe, K. R. ., & Kristanto, A. . (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Playmate Sensory sebagai Stimulasi Indera Pada Anak Usia Dini. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(7), 7675-7683. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.7842