Studi Telaah Pemikiran KH. Imam Zarkasyi dan KH. Hasyim Asy’ari Terkait Komponen Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i5.7852Abstract
Penelitian ini berlandaskan pada sebuah masalah tentang menurunnya moral peserta didik selama dalam kurun waktu beberapa waktu terakhir. Untuk mengatasai permasalahan ini, perlu diadakan revitalisasi sistem pengelolaan pendidikan dan sumber daya manusia yang berkecimpung di dalamnya melalui pemahaman kembali terhadap komponen-komponen pendidikan agar tersusun konsep pendidikan yang utuh. Atas dasar itulah maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komponen pendidikan dengan merujuk pada perspektif pemikiran KH. Imam Zarkasyi dan KH. Hasyim Asy’ari. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka (library research). Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan mengambil referensi yang berasal dari buku dan artikel jurnal ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KH. Imam Zarkasyi dan KH. Hasyim Asy’ari merupakan seorang kiai ternama, pemikir, dan pembaru pendidikan Islam di Indonesia dimana keduanya mempunya kesamaan pemikiran terkait komponen pendidikan. Menurut keduanya, komponen-komponen pendidikan saling bersinergi satu sama lain untuk membina dan mengarahkan manusia agar menjadi insan kamil yang berakhlak mulia serta memiliki kedalaman ilmu yang mumpuni di bidangnya.