Pendidikan Karakter Anak Usia Dini dalam Keluarga
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i5.7860Abstract
Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan pendidikan karakter anak usia dini di dalam lingkungan keluarga. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif jenis kepustakaan (Library research). Data diambil dari berbagai informasi bahan pustaka atau referensi dan pengalaman sebagai orang tua. Orang tua adalah wakil Tuhan untuk menjadi pendidik yang utama bagi anak-anak mereka. Pendidikan karakter begitu sangat penting untuk diajarkan dan ditanamkan pada anak usia dini di dalam keluarga, dimana pendidikan karakter yang dilakukan sejak dini pada anak dapat memberikan dampak positif yang begitu besar, sebab pada masa ini dianggap masa yang tepat untuk meletakkan dasar-dasar pendidikan karakter yang sesuai dengan perkembangan anak. Orang tua harus melakukan usaha yang maksimal untuk mendidik anak agar memiliki perilaku yang terpuji. Jadi orang tua merupakan model yang selalu ditiru dan diteladani oleh anak usia dini lewat ucapan, tindakan dan perbuatan yaitu melakukan pembiasaan-pembaisaan yang baik, selalu memberikan nasehat, memotivasi anak, mengajar anak untuk rajin beribadah, serta melatih anak melakukan pekerjaan rumah tangga. Pendidikan karakter anak usia dini bisa dilakukan dengan memberikan nasehat, contoh perilaku yang baik (keteladanan) serta penguatan. Sangat penting bagi kita sebagai orang tua menanamkan dan membiasakan pendidikan karakter sejak dini dalam keluarga.