Peran Project Based Learning terhadap Critical Thinking Siswa
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.7946Abstract
Project Based Learning (PjBL) merupakan strategi pembelajaran inovatif yang mengikutsertakan siswa dalam proyek bermakna guna mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh PjBL terhadap pengembangan kemampuan berpikir kritis siswa melalui pendekatan kualitatif berupa studi pustaka. Analisis dilakukan terhadap berbagai artikel ilmiah, jurnal, dan buku terbitan lima tahun terakhir yang membahas implementasi PjBL dan keterkaitannya dengan keterampilan berpikir kritis. Data dianalisis secara deskriptif analitis untuk mengidentifikasi pola, hubungan, dan kontribusi PjBL dalam membangun kemampuan berpikir kritis siswa di berbagai jenjang pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PjBL secara signifikan mendukung pengembangan berpikir kritis dengan melibatkan siswa dalam aktivitas kolaboratif, penyelidikan, dan eksplorasi solusi terhadap permasalahan nyata. Temuan ini memperkuat rekomendasi penerapan PjBL secara luas sebagai strategi pembelajaran yang mampu meningkatkan keterlibatan kognitif dan penalaran kritis siswa.