Pengembangan Multimedia Interaktif ‘Rama Jaka’ untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i5.7963Abstract
Pelaksanaan pembelajaran yang monoton menjadikan siswa cepat bosan dan tidak bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Oleh karena itu diperlukan adanya variasi pembelajaran, salah satunya dengan melakukan pengembangan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif ‘Rama Jaka’ materi rantai makanan dan jaring-jaring makanan berbasis web google sites untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode RnD (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Hasil pengembangan media menunjukkan skor kelayakan tinggi dan memiliki pengaruh yang signifikan pada peningkatan motivasi belajar siswa. Penilaian dari ahli materi sebesar 89,47%, dari ahli media sebesar 93,75%, serta tanggapan guru dan siswa terhadap media dengan rata-rata sebesar 95%. Efektivitas multimedia interaktif ‘Rama Jaka’ dari skor n-gain angket motivasi belajar sebesar 0,4552 pada kelompok kecil dan 0,4420 pada kelompok besar, sedangkan skor n-gain dari hasil belajar siswa sebesar 0,3993 pada kelompok kecil dan 0,4211 pada kelompok besar yang berada pada kriteria sedang. Hal tersebut berarti multimedia interaktif ‘Rama Jaka’ sudah cukup efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.