Educaplay sebagai Inovasi Game Based Learning dalam Pembelajaran Ekonomi: Solusi Interaktif untuk Generasi Digital

Authors

  • Pebrian Dwi Ramadhan Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Dewi Koryati Universitas Sriwijaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i5.7966

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas model pembelajaran Game Based Learning menggunakan platform Educaplay dalam meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi Indeks Harga di SMAN 1 Indralaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pra-eksperimen one-group pretest-posttest. Instrumen pengumpulan data meliputi tes, observasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada hasil belajar peserta didik, dengan nilai rata-rata pre-test sebesar 16,51% dan post-test sebesar 63,07%. Analisis N-Gain menunjukkan nilai 0,44 (kategori sedang), dan ukuran efek Cohen's d sebesar 2,94 (kategori sangat tinggi). Uji hipotesis menggunakan Paired Sample T-Test menghasilkan thitung = 13,85 > ttabel = 1,690, yang mengindikasikan adanya pengaruh signifikan dari penerapan model Game Based Learning berbasis Educaplay. Hasil observasi dan angket menunjukkan bahwa model pembelajaran ini diterima dengan sangat baik oleh peserta didik. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan Educaplay sebagai media inovatif untuk meningkatkan pemahaman konsep ekonomi.

Published

2025-05-10

How to Cite

Ramadhan, P. D. ., & Koryati, D. . (2025). Educaplay sebagai Inovasi Game Based Learning dalam Pembelajaran Ekonomi: Solusi Interaktif untuk Generasi Digital. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(5), 5416-5423. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i5.7966