Pengembangan Media Pembelajaran Jobsheet Berbasis PjBL Mata Kuliah Kerja Plat Program Studi Pendidikan Teknik Mesin
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.7992Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh jobsheet yang sudah tersedia belum dilengkapi dengan metode pembelajaran berbasis PjBL. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan jobsheet berbasis project based learning mata kuliah kerja plat di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4-D. Media pembelajaran ini dilakukan penilaian dengan memberikan instrumen kuesioner penilaian validasi kepada ahli materi, ahli media, dan uji lapangan kepada peserta mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sriwijaya sebagai responden. Berdasarkan hasil dari validasi ahli materi diperoleh rata-rata penilaian 4,55 dengan kategori sangat valid dan hasil dari validasi ahli media diperoleh rata-rata penilaian 4,38 dengan kategori sangat valid, dengan demikian dapat dinyatakan bahwa jobsheet valid dari segi aspek materi dan aspek media. Berdasarkan uji coba lapangan menunjukkan bahwa penilaian dengan rata-rata penilaian 4,23 menunjukkan bahwa penilaian praktis. Maka hasil yang telah dilakukan dapat disimpulkan jobsheet berbasis project based learning mata kuliah kerja plat yang dikembangkan dalam kategori sangat valid dari segi kelayakan dan praktis untuk digunakan.