Siti Arafah (Model Pembelajaran Student facilitator and Explaining)

Penerapan Model Pembelajaran Student facilitator and Explaining Untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akidah siswa kelas V MIS Babussalam Nowa.

Authors

  • Redaksi JIIP

Keywords:

Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining, Aktivitas dan Hasil Belajar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hasil belajar Akidah Akhlak pada siswa kelas V MIS Babussalam Nowa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining. Masalah utama yang ditentukan adalah Penggunaan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining dapat  meningkatkan hasil belajar Akidah Akhlak Tentang Iman Kepada Hari Akhir Pada siswa kelas V MIS Babussalam Nowa?”. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan desain deskriptif. subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MIS Babussalam Nowa yang berjumlah 30 orang, terdiri dari 13 orang siswa laki-laki dan 17 orang siswa perempuan. Instrumen yang digunakan adalah format observasi aktivitas belajar dan Format Nilai Hasil Belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining yaitu pada siklus I rata-rata nilai siswa mencapai 80,67 dan pada siklus II rata – rata nilai siswa menjadi 91,33. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Akidah Akhlak pada siswa kelas V
MIS Babussalam Nowa.

Published

2018-07-06

How to Cite

JIIP, R. (2018). Siti Arafah (Model Pembelajaran Student facilitator and Explaining): Penerapan Model Pembelajaran Student facilitator and Explaining Untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akidah siswa kelas V MIS Babussalam Nowa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 1(2), 44-49. Retrieved from https://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/8

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>