Optimalisasi WordWall Bermuatan Fi'il Mudhori' untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa terhadap Fi'il Mudhori
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8043Abstract
Studi ini memiliki tujuan guna mengetahui pengaruh penggunaan media Wordwall terhadap pemahaman siswa kelas VII MTsN 1 Sidoarjo dalam pembelajaran materi fi'il mudhori’. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penguasaan fi'il mudhori’ sebagai salah satu komponen utama dalam pembelajaran bahasa Arab, serta perlunya penerapan media pembelajaran yang interaktif dan sesuai dengan karakteristik siswa. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain pra-eksperimen tipe satu grup pretest-posttest. Instrumen penelitian berupa tes objektif pilihan ganda sebanyak 15 soal. Hasil penelitian adanya peningkatan skor rata-rata siswa dari 56,69 pada pretest menjadi 73,16 pada posttest. Uji paired sample t-test menghasilkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang menunjukkan adanya pengaruh signifikan penggunaan media Wordwall terhadap peningkatan pemahaman siswa. Dengan demikian, Wordwall terbukti efektif sebagai media yang membantu siswa untuk memahami materi fi'il mudhori’ secara lebih baik dan menyenangkan.