Pembentukan Karakter Disiplin melalui Ekstrakurikuler Hizbul Wathan (HW)

Authors

  • Faraihana Shellyntang Rizqillah Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia
  • Aldo Redho Syam Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia
  • Lilis Sumaryanti Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i5.8107

Abstract

Membangun kebiasaan disiplin pada anak adalah komponen penting dari pendidikan. Kehidupan siswa di sekolah sangat dipengaruhi oleh kegiatan ekstrakurikuler. Hizbul Wathan (HW), kegiatan ekstrakurikuler di SD Muhammadiyah Mlarak Inovatif, fokus pada pembentukan akhlak mulia. Program ekstrakurikuler ini tidak hanya meningkatkan pertumbuhan fisik siswa, tetapi juga mengajarkan moral dan disiplin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kegiatan ekstrakurikuler Hizbul Wathan (HW) mempengaruhi karakter disiplin siswa di SD Muhammadiyah Inovatif Mlarak. Selain itu, untuk mengetahui taktik yang digunakan dalam kegiatan di luar kelas dan bagaimana hal itu berdampak pada perilaku siswa. Studi kasus dan kualitatif adalah metode yang digunakan. Untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik, juga dilakukan wawancara menyeluruh dengan pengurus ekstrakurikuler dan siswa. Hasil survei menunjukkan bahwa sebagian besar siswa (87%) disiplin dalam kegiatan HW dan merasa lebih disiplin setelah mengikuti dan 93,8 persen siswa menyatakan bahwa kegiatan HW mengajarkan kerapian serta membantu mereka memahami ketepatan waktu.  Ketika siswa berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini, mereka merasa lebih dekat satu sama lain dan lebih bersatu. Partisipasi aktif dalam kegiatan ini merupakan komponen penting dalam membentuk karakter disiplin. Di SD Muhammadiyah Diketahui Inovatif Mlarak, bahwa ekstrakurikuler Hizbul Wathan (HW) sangat penting untuk membentuk karakter disiplin siswa.

Published

2025-05-12

How to Cite

Rizqillah, F. S. ., Syam, A. R. ., & Sumaryanti, L. . (2025). Pembentukan Karakter Disiplin melalui Ekstrakurikuler Hizbul Wathan (HW). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(5), 5489-5498. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i5.8107