Analisis Sistem Pendidikan: Konsep, Problematika dan Kebijakan Pendidikan di Negara Australia

Authors

  • Septia Sri Lestari Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia
  • Munir Munir Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia
  • Nurlaila Nurlaila Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8161

Abstract

Pendidikan merupakan suatu aspek yang mendasar dalam usaha mempersiapkan sumber daya manusia dalam menghadapi proses dan dinamika kehidupan masyarakat yang bernegara dan berbangsa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui sistem pendidikan di Australia, problematikan pendidikan di Australia, Kebijakan pendidikan di Australia dan Pebandingan pendidikan di Indonesia dan Australia. Metode penelitian yang digunakan dalam artikel ini adalah pendekatan library research atau kajian kepustakaan yang bersifat kualitatif. Metode ini dilakukan dengan cara menganalisis atau mencari obyek-obyek seperti buku, artikel, jurnal ilmiah, dokumen dan literatur lainnya yang relevan untuk dijadikan referensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pendidikan di Australia dikenal di seluruh dunia karena kualitasnya yang sangat baik. Teradapat lima aspek penting kebijakan pendidikan yang ada di Australia dan Indonesia yaitu: Kebijakan Pendidikan, Kurikulum Pendidikan, Akses dan Inklusi, Implementasi Teknologi dan Pengembangan Profesinal Guru. Masing-masing memiliki persamaan dan perbedaan. Di Australia, pendidikan merupakan kewajiban yang harus dipenuhi, karena hal ini terkontribusi pada kategori melek huruf yang mencapai 99 persen. Pemerintah Australia telah mengembangkan berbagai kebijakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan mengatasi masalah ketidak setaraan. Salah satu inisiatif utama adalah program peningkatan keterampilan guru, yang bertujuan untuk memastikan bahwa semua guru memiliki kualifikasi dan pelatihan yang diperlukan untuk memberikan pendidikan berkualitas.

Published

2025-06-04

How to Cite

Lestari, S. S. ., Munir, M., & Nurlaila, N. (2025). Analisis Sistem Pendidikan: Konsep, Problematika dan Kebijakan Pendidikan di Negara Australia. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(6), 6020-6028. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8161