Pandangan Filsafat Humanisme terhadap Pendidikan

Authors

  • Anam Khoirul Rozak UIN Siber Syekh Nurjati, Indonesia
  • Saefudin Zuhri UIN Siber Syekh Nurjati, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8175

Abstract

Humanistik menempatkan manusia sebagai individu yang unik dan memiliki potensi tumbuh dan berkembang. Penekanan humanisme terletak pada potensi individu, kesadaran diri, kebebasan dan otonom, pencapaian potensial, pengalaman subjektif, dan hubungan sosial seperti pemberian nilai-nilai aspek emosional. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui bagaimana aliran filsafat humanisme dalam pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode library research (kajian Pustaka) dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengumpulkan data pustaka atau penelitian yang informasinya didapatkan dari fasilitas perpustakaan. Hasil penelitian menunjukkan teori humanisme mendorong pendekatan Pendidikan yang lebih holistic dan menitikberatkan pada pertumbuhan individu serta pengembangan keterampilan interpersonal. Pendekatan pendidikan humanisme berdampak positif pada perkembangan spiritual siswa, bukan hanya pemahaman saja namun juga humanisme memperhatikan perkembangan dari aspek moral, etika, dan kepemimpinan. Seiring dengan perkembangan zaman integrasi nilai-nilai humanisme perlu dilakukan dengan hati-hati, supaya nilai-nilai Pendidikan agama islam tidak terkikis dan tetap konsisten.

Published

2025-06-10

How to Cite

Rozak, A. K. ., & Zuhri, S. . (2025). Pandangan Filsafat Humanisme terhadap Pendidikan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(6), 6644-6652. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8175