Pandangan Filsafat Humanisme terhadap Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8175Abstract
Humanistik menempatkan manusia sebagai individu yang unik dan memiliki potensi tumbuh dan berkembang. Penekanan humanisme terletak pada potensi individu, kesadaran diri, kebebasan dan otonom, pencapaian potensial, pengalaman subjektif, dan hubungan sosial seperti pemberian nilai-nilai aspek emosional. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui bagaimana aliran filsafat humanisme dalam pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode library research (kajian Pustaka) dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengumpulkan data pustaka atau penelitian yang informasinya didapatkan dari fasilitas perpustakaan. Hasil penelitian menunjukkan teori humanisme mendorong pendekatan Pendidikan yang lebih holistic dan menitikberatkan pada pertumbuhan individu serta pengembangan keterampilan interpersonal. Pendekatan pendidikan humanisme berdampak positif pada perkembangan spiritual siswa, bukan hanya pemahaman saja namun juga humanisme memperhatikan perkembangan dari aspek moral, etika, dan kepemimpinan. Seiring dengan perkembangan zaman integrasi nilai-nilai humanisme perlu dilakukan dengan hati-hati, supaya nilai-nilai Pendidikan agama islam tidak terkikis dan tetap konsisten.