Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Self control Siswa
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8184Abstract
Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Self control Siswa
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memahami secara mendalam tentang upaya yang dilakukan oleh guru PAI dalam meningkatkan kemampuan kontrol diri siswa, agar mereka dapat mengatur, mengarahkan, dan menanggulangi berbagai perilaku yang berpotensi membawa dampak negatif yang bertentangan dengan norma etika dan moral saat berinteraksi sosial. Hal ini bertujuan agar siswa lebih sigap dalam memprediksi ketika ada faktor penghalang yang memengaruhi perilaku impulsif yang tidak diinginkan dan dapat menyesuaikan diri secara psikologis dan fisik dengan kondisi yang sebenarnya, dengan adanya dukungan elemen yang membantu dalam memberikan pemahaman melalui pengetahuan, penghayatan, dan pengalaman, sehingga siswa dapat tumbuh sebagai remaja yang terus berkembang dalam hal iman dan ketaqwaan. Dalam penelitian ini, metode kualitatif berupa studi kasus digunakan. Partisipan dalam penelitian ini adalah guru PAI, siswa SMP Negeri 1 Kota Pinang, dan kepala sekolah. Pengamatan, interview, dan pencatatan dipakai untuk mengumpulkan informasi. Temuan penelitian mengindikasikan bahwa peran guru pendidikan agama Islam dapat mendukung siswa untuk menjadi lebih mandiri. Mereka dapat melakukannya dengan merancang tempat duduk diskusi kelompok belajar yang kreatif, mendorong siswa untuk berinteraksi secara aktif, memberikan motivasi dan penghargaan, membimbing dan membina siswa dengan sikap disiplin, serta menjalin kerja sama dengan kepala sekolah melalui penyediaan kelas parenting dan bimbingan pribadi bagi siswa. Diharapkan untuk memperbaiki kemampuan dalam mengatur diri sendiri ketika menerapkan diri serta dalam aktivitas sehari-hari.