Desain Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Menerapkan Budaya Positif untuk Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar

Authors

  • Kusmega Dewi Universitas Riau, Indonesia
  • Erlisnawati Erlisnawati Universitas Riau, Indonesia
  • Hendri Marhadi Universitas Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8189

Abstract

Pendidikan karakter merupakan elemen penting dalam sistem pendidikan Indonesia, khususnya pada tingkat pendidikan dasar, dengan peran kepala sekolah yang krusial dalam mengimplementasikan kebijakan untuk membentuk karakter siswa. Fokus utama pendidikan karakter melibatkan tiga komponen penting, yakni pemahaman nilai moral, keterlibatan emosi dalam merespons nilai tersebut, serta penerapan dalam tindakan sehari-hari. Salah satu pendekatan yang efektif dalam pembentukan karakter siswa adalah dengan menciptakan budaya positif di sekolah, yang menekankan disiplin positif dan motivasi internal. Pendekatan ini bertujuan untuk membangun hubungan yang konstruktif antara pihak berwenang dan siswa, serta menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan karakter. Di SDN 105 Pekanbaru, penerapan desain kepemimpinan kepala sekolah berbasis budaya positif dilakukan untuk meningkatkan karakter peduli lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model ADDIE yang terdiri dari analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan desain kepemimpinan berbasis budaya positif telah berhasil meningkatkan kesadaran dan kepedulian siswa terhadap lingkungan, menciptakan lingkungan sekolah yang lebih bersih dan nyaman, serta membentuk karakter peduli lingkungan pada siswa. Evaluasi menunjukkan bahwa keberlanjutan program ini sangat efektif, dengan partisipasi aktif dari guru dan siswa. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan agar model kepemimpinan berbasis budaya positif diterapkan secara lebih luas di sekolah-sekolah lain, dengan melibatkan seluruh elemen pendidikan untuk mendukung pembentukan karakter siswa yang peduli terhadap lingkungan.

Published

2025-06-10

How to Cite

Dewi, K., Erlisnawati, E., & Marhadi, H. . . (2025). Desain Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Menerapkan Budaya Positif untuk Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(6), 6614-6619. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8189