Efektifitas E-LKPD Berbantuan Website Wizer Me dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik

Authors

  • Diva Amanda Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Alfiandra Alfiandra Universitas Sriwijaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8194

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD berbasis website wizer me yang valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 51 Palembang dengan subjek peserta didik kelas VIII, menggunakan model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data mencakup wawancara, walkthrough, angket, dan observasi. Hasil validasi menunjukkan bahwa produk dinyatakan sangat valid oleh ahli media (93,3%), ahli materi (81,6%), dan ahli bahasa (86,7%). Kepraktisan E-LKPD dinilai sangat praktis melalui one-to-one evaluation (89,3%) dan small group evaluation (90,3%). Efektivitas produk terlihat dari peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik, yaitu dari rata-rata 86,25% pada pertemuan pertama menjadi 91,75% pada pertemuan kedua. Respon positif dari validator dan peserta didik mengindikasikan bahwa E-LKPD yang dikembangkan mampu mendukung pembelajaran mandiri dan memenuhi kebutuhan belajar melalui fitur interaktif pada platform wizer me.

Published

2025-06-18

How to Cite

Amanda, D. ., & Alfiandra, A. (2025). Efektifitas E-LKPD Berbantuan Website Wizer Me dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(6), 6930-6937. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8194