Moderasi Beragama dalam Pendidikan Islam

Authors

  • Muaz Muaz Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Uus Ruswandi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.820

Abstract

Penelitian ini membahas terkait dengan moderasi beragama dalam pendidikan islam. Tulisan ini bertujuan untuk memahami studi interdisipliner moderasi beragama melalui dalam pendidikan islam. Melalui telaah pemahaman secara tekstual dan kontekstual. Permasalahan yang ada dijawab melalui penelitian kepustakaan (library research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sekolah sebagai sebuah lembaga pendidikan yang menitikberatkan peran guru PAI dalam mentransformasikan pengetahuan untuk peserta didiknya, bergeser kepada paradigma pembelajaran yang memberikan peran lebih banyak kepada peserta didik untuk mengembangkan potensi akal dan kreativitas dirinya dalam rangka membentuk manusia yang memiliki kekuatan spiritual keagamaan, berakhlak mulia, berkepribadian tinggi, memiliki kecerdasan, estetika, sehat jasmani dan rohani.

Published

2022-08-10

How to Cite

Muaz, M., & Ruswandi, U. . (2022). Moderasi Beragama dalam Pendidikan Islam. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 3194-3203. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.820