Professional Learning Community (PLC) sebagai Strategi Kepemimpinan dalam Membentuk Budaya Kolaborasi Sekolah di TK Eksperimental Mangunan Yogyakarta

Authors

  • Slamet Harjaya Magister Teknologi Pendidikan, Universitas Pelita Harapan Jakarta
  • Lusiana Idawati Magister Teknologi Pendidikan, Universitas Pelita Harapan Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.821

Abstract

Professional Learning Community (PLC) merupakan kolaborasi antara sekolah, orangtua, masyarakat dalam membentuk komunitas pemelajar dengan fokus kesamaan visi misi termasuk orientasi hasil. Perbedaan budaya antara pimpinan dan guru, latar belakang guru, kondisi peserta didik dan orang tua yang beragam menjadi tantangan tersendiri dalam membentuk budaya kolaborasi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan dilakukan di TK Eksperimental Mangunan Yogyakarta. Terdapat tiga tujuan penelitian diantaranya praktik PLC secara umum; strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam membentuk budaya kolaborasi; peran guru dalam berkolaborasi dan menjalankan PLC. Subjek penelitiannya 1 kepala sekolah dan 8 guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PLC di sekolah ini memiliki kekhasan dalam pembelajaran yaitu membentuk iklim EKI (eksploratif-kreatif-integral), budaya kolaborasi dihidupi oleh warga sekolah; strategi kepemimpinan kepala sekolah menggunakan komunikasi dialogis dimulai dari evaluasi, refleksi, diskusi, perencanaan dan pengambilan keputusan; guru Mangunan adalah guru yang mengedepankan kolaborasi, apresiasi, eksplorasi dalam memekarkan diri anak dan mewujudkan pemelajar yang punya hati.

Published

2022-08-10

How to Cite

Harjaya, S., & Idawati, L. (2022). Professional Learning Community (PLC) sebagai Strategi Kepemimpinan dalam Membentuk Budaya Kolaborasi Sekolah di TK Eksperimental Mangunan Yogyakarta. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 3179-3193. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.821