Peta Jalan Pendidikan Amerika Serikat: Telaah Konseptual, Problematika, dan Reformasi Kebijakan

Authors

  • Adriyansyah Adriyansyah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia
  • Munir Munir Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia
  • Nurlaila Nurlaila Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8248

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengkaji sistem pendidikan di Amerika Serikat secara konseptual, menelaah problematika yang dihadapi, serta menganalisis arah dan efektivitas reformasi kebijakan yang telah dan sedang dilakukan. Pendidikan Amerika dikenal dengan karakter desentralisasi yang memberikan kewenangan luas kepada negara bagian, namun kondisi ini turut melahirkan ketimpangan dalam kualitas dan akses pendidikan. Masalah seperti kesenjangan pendanaan, ketimpangan prestasi antar kelompok sosial, overstandardisasi pembelajaran, serta krisis tenaga pengajar menjadi tantangan mendasar yang menghambat pemerataan mutu pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif melalui studi pustaka yang mengacu pada sumber-sumber akademik dan kebijakan. Kajian ini juga membandingkan sistem pendidikan Amerika dan Indonesia untuk melihat perbedaan struktur, pendanaan, evaluasi, dan reformasi kurikulum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun Amerika Serikat memiliki kebebasan pendidikan yang tinggi, tantangan ketimpangan dan resistensi terhadap perubahan tetap menjadi isu sentral dalam transformasi pendidikan kontemporer.

Published

2025-06-09

How to Cite

Adriyansyah, A., Munir, M. ., & Nurlaila, N. (2025). Peta Jalan Pendidikan Amerika Serikat: Telaah Konseptual, Problematika, dan Reformasi Kebijakan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(6), 6520-6525. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8248