Penerapan Pembelajaran Sosial Emosional (PSE) pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar

Authors

  • Karina Syahrani Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang, Indonesia
  • M. Nurzin R. Kasau Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang, Indonesia
  • Nurlaelah Mahmud Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang, Indonesia
  • Saifullah Saifullah Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8251

Abstract

Pembelajaran sosial emosional merupakan aspek penting dalam proses belajar mengajar yang berfokus pada pengembangan kemampuan siswa dalam mengelola emosi, menjalin hubungan sosial, dan meningkatkan kesadaran diri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pembelajaran sosial emosional dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV UPT SD Negeri 1 Macorawalie. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data meliputi observasi kegiatan pembelajaran, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran sosial emosional dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami dan menganalisis isi cerpen. Selain itu, siswa menunjukkan perkembangan positif dalam sikap sosial emosional, seperti peningkatan kesadaran diri, empati, pengelolaan emosi, kemampuan berinteraksi sosial, dan pengambilan keputusan yang tepat. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam memperkaya wawasan pendidik mengenai integrasi pembelajaran sosial emosional untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar.

Published

2025-06-09

How to Cite

Syahrani, K., Kasau, M. N. R. ., Mahmud, N. ., & Saifullah, S. (2025). Penerapan Pembelajaran Sosial Emosional (PSE) pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(6), 6505-6510. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8251