Analisis Pembelajaran Bahasa Arab dalam Kurikulum International Cambridge di MI Muslimat NU Pucang
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8261Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis Proses Pembelajaran Bahasa Arab dalam menggunakan Kurikulum Cambridge. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan Observasi lapangan, Wawancara, dan Dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sekolah mengintegrasikan tiga kurikulum sekaligus, yaitu Kurikulum Kemendikbud, Kurikulum Kemenag, dan Kurikulum Internasional Cambridge. Dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Arab penggunaan bahasa Inggris sebagai pengantar untuk mempelajari Bahasa Arab menciptakan pendekatan yang unik dan menantang. Guru menggunakan berbagai metode inovatif seperti jigsaw, problem solving, dan problem based learning (PBL) serta media pembelajaran yang menarik untuk meningkatkan antusiasme siswa. Evaluasi pembelajaran dilaksanakan secara bertahap melalui daily test, assessment holistic, dan final test. Temuan ini menegaskan pentingnya perencanaan perencanaan matang, inovasi pembelajaran, serta evaluasi berkelanjutan dalam mendukung penguasaan Bahasa Arab di era globalisasi.