Pematuhan Maksim Kuantitas dalam Interaksi Pembelajaran Kelas IX B SMP Negeri 3 Duapitue Kalosi
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8267Abstract
Komunikasi efektif merupakan elemen krusial dalam pembelajaran bahasa, khususnya dalam mencapai tujuan pembelajaran secara optimal. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk pematuhan maksim kuantitas dalam interaksi pembelajaran di kelas IX B SMP Negeri 3 Duapitue Kalosi. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan data berupa tuturan siswa dan guru yang diperoleh melalui rekaman, observasi tanpa keterlibatan langsung, dan transkripsi percakapan selama proses pembelajaran. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri atau human Instrumen. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik padan pragmatis. Keabsahaan data dilakukan dengan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa secara konsisten memberikan informasi yang cukup, relevan, dan tidak berlebihan sesuai maksim kuantitas, sehingga komunikasi berlangsung efektif dan mendukung kelancaran proses pembelajaran di kelas IX B SMP Negeri 3 Duapitue Kalosi. Temuan ini menegaskan pentingnya penerapan prinsip kerja sama dalam meningkatkan kualitas interaksi pembelajaran.