Pembelajaran Inklusif: Mewujudkan Lingkungan PAUD yang Ramah Anak

Authors

  • Dina Rahmawati Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Mochamad Nursalim Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Budi Purwoko Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8298

Abstract

Pembelajaran inklusif pada tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) menjadi pendekatan penting dalam menjawab kebutuhan keberagaman peserta didik serta dalam membangun lingkungan belajar yang ramah anak. Permasalahan yang muncul di lapangan menunjukkan bahwa banyak lembaga PAUD di Indonesia belum sepenuhnya mengintegrasikan prinsip inklusivitas dan belum menyediakan ruang belajar yang aman, nyaman, serta menghargai hak-hak anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan urgensi pembelajaran inklusif sebagai fondasi pembentukan lingkungan PAUD yang responsif terhadap keragaman dan kesejahteraan anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur, mengkaji berbagai sumber ilmiah yang relevan dalam kurun waktu lima tahun terakhir. Hasil kajian menunjukkan bahwa pembelajaran inklusif berperan penting dalam membentuk interaksi sosial yang sehat, mengurangi diskriminasi, serta meningkatkan kepercayaan diri dan partisipasi aktif anak. Lingkungan PAUD yang ramah anak juga turut mendukung perkembangan emosional, kognitif, dan sosial secara seimbang. Kesimpulan menunjukkan bahwa integrasi pembelajaran inklusif dan prinsip ramah anak harus menjadi prioritas dalam transformasi sistem PAUD yang adil, adaptif, dan berorientasi pada hak serta kesejahteraan anak. Temuan ini memberikan rekomendasi strategis bagi pendidik dan pengambil kebijakan untuk membangun PAUD yang lebih humanistik dan setara.

Published

2025-06-09

How to Cite

Rahmawati, D. ., Nursalim, M. ., & Purwoko, B. . (2025). Pembelajaran Inklusif: Mewujudkan Lingkungan PAUD yang Ramah Anak. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(6), 5917-5925. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8298