Pengembangan Buku Ajar Apresiasi Puisi “Kapatu Cambe” Menggunkan Strategi Anticipation Guide untuk Mahasiswa

Authors

  • Eka Yulianti STKIP Yapis Dompu, Nusa Tenggara Barat, Indonesia
  • M. Nur Imansyah STKIP Yapis Dompu, Nusa Tenggara Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.830

Abstract

Telah dilakukan penelitian yang berjudul Pengembangan Buku Ajar Apresiasi Puisi “Kapatu Cambe” Menggunkan Strategi Anticipation Guide untuk Mahasiswa. Penilitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi mahasiswa dengan mengembangkan buku ajar yang lebih inovatif, menarik .  penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan 4D . adapun hasil yang ditemukan dalam penelitian ini, yakni: Pengembangan Buku Ajar Apresiasi Puisi “Kapatu Cambe” Menggunkan Strategi Anticipation Guide untuk Mahasiswa STKIP Yapis Dompu dengan menggunakan model pengembangan Four-D berada pada kategori “BAIK”, hal tersebut dibukytikan dengan keenam kriteria perangkat pembelajaran yang baik telah terpenuhi terpenuhi, yakni: (a) Valid menurut validator, (b) Efektif untuk kemampuan Dosen dalam mengelola pembelajaran di kelas, (c) Efektif untuk aktivitas mahasiswa dalam melakukan aktivitas pembelajaran di dalam kelas, (d) Positif untuk respon mahasiswa terhadap aktivitas pembelajaran, (e) Valid, reliabel, dan sensitif untuk Tes Hasil Belajar, dan (f) ketuntasan belajara secara klasikal telah tercapai Dengan demikian, perangkat pembelajaran yang digembangakan dapat dinyatakan “LAYAK” untuk digunakan dalam proses pembelajaran pada mata kuliah Apresisasi Puisi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Yapis Dompu.

Published

2022-10-01

How to Cite

Yulianti, E., & Imansyah, M. N. (2022). Pengembangan Buku Ajar Apresiasi Puisi “Kapatu Cambe” Menggunkan Strategi Anticipation Guide untuk Mahasiswa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 3963-3967. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.830