Pengembangan E-modul Berbasis Project, Activity, Cooperative, and Exercise (PACE) nuansa Kota Lama Semarang
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8388Abstract
Penelitian ini mengarah pada pengembangan e-modul berbasis Project, Activity, Cooperative, and Exercise (PACE) yang digabungkan dengan esensi bangunan Kota Lama Semarang yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalasah siswa terkait materi bangun ruang sisi datar. Model penelitian yang digunakan ialah research aand development (R&D), khusunya model ADDIE yang dibatasi hanya pada tahap analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), karena akan berfokus terhadap pembuatan dan pengembangan bahan ajar berdasarkan analisis para ahli. Teknik analisi data yang digunakan ialah analisis kebutuhan dan untuk tenik pengumpula data yaitu menggunakan lembar kuesioner validasi ahli media dan ahli materi. Hasil analisis validasi menunjukan bahwa e-modul mempunyai skor 85% dari ahli media dan 88% dari ahli materi, dimana e-modul dinyatakan sangat valid dari sisi media dan materi. Hasil rata-rata penilaian dari ahli media dan ahli materi yaitu 86,5% yang membuktikan bahwa e-modul yang dikembangkan valid dan layak untuk diimplementasikan pada siswa ketika proses pembelajaran matematika materi bangun ruang sisi datar.