Penerapan Modifikasi Media Pembelajaran Monular (Monopoli Ular Tangga) dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqh SD Al Irsyad Al Islamiyyah

Authors

  • Woro Pertiwi Maharani Universitas Yudharta Pasuruan, Indonesia
  • Muhammada Muhammada Universitas Yudharta Pasuruan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8389

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan, modifikasi, dan respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran Monular (Monopoli Ular Tangga) dalam pembelajaran Fiqh kelas IV di SD Al Irsyad Al Islamiyyah Pasuruan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media Monular dilaksanakan dalam tiga tahapan: pendahuluan (berdoa, pengecekan kehadiran, dan ice breaking), kegiatan inti (penyampaian materi, pembentukan kelompok, dan pelaksanaan permainan), serta penutup (ulasan materi, pemberian sertifikat, dan doa bersama). Media ini dimodifikasi dengan menambahkan unsur permainan monopoli berupa kartu dana umum dan kartu kesempatan yang berisi soal-soal seputar materi puasa, tarawih, dan sambung ayat. Respon siswa terhadap media ini sangat positif; mereka tampak aktif, antusias, dan menunjukkan perubahan suasana kelas yang semula pasif menjadi lebih hidup dan semangat. Temuan ini menunjukkan bahwa media Monular efektif meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa dalam pembelajaran Fiqh.

Published

2025-07-05

How to Cite

Maharani, W. P., & Muhammada, M. (2025). Penerapan Modifikasi Media Pembelajaran Monular (Monopoli Ular Tangga) dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqh SD Al Irsyad Al Islamiyyah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(7), 7415-7423. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8389