Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi melalui Media Peep Inside The Book Berbasis Learning Community pada Siswa Kelas XI SMA Negeri Arjasa Jember
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8395Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas XI melalui penerapan media Peep Inside the Book berbasis pendekatan Learning Community. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kualitas puisi yang dihasilkan siswa akibat pembelajaran konvensional yang kurang menumbuhkan ekspresi kreatif. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Media Peep Inside the Book digunakan sebagai stimulus visual kontekstual untuk membangkitkan imajinasi, sedangkan pendekatan Learning Community diterapkan untuk mendorong kolaborasi melalui diskusi dan sesi peer-review. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan menulis puisi siswa, dengan rata-rata nilai meningkat dari 59,4 pada pre-test menjadi 86,7 pada post-test siklus II. Siswa juga menunjukkan peningkatan motivasi, kepercayaan diri, dan kemampuan kolaboratif. Temuan ini menunjukkan bahwa integrasi media visual dan strategi pembelajaran kolaboratif dapat menciptakan proses belajar yang kreatif, reflektif, dan partisipatif. Penelitian ini merekomendasikan penerapan media multimodal berbasis komunitas belajar dalam pengajaran sastra di era pendidikan abad ke-21.