Implementasi Nilai-Nilai Anti Korupsi melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMP PGRI 6 Malang
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.8487Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi nilai-nilai anti korupsi melalui pembelajaran PPKn di SMP PGRI 6 Malang. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi nilai-nilai anti korupsi sudah terlaksana dengan baik pada beberapa aspek, meskipun beberapa aspek lainnya belum sepenuhnya terimplementasi. Faktor pendukung dalam implementasi ini meliputi peran guru yang berpengaruh, pemahaman guru tentang korupsi, dan peran orang tua sebagai pendidik pertama dalam membentuk sikap dan karakter siswa. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain kurangnya pemahaman peserta didik mengenai pendidikan anti korupsi dan lingkungan sosial yang kurang mendukung.