Desain Pembelajaran Vokasional Deteksi Kerusakan Motor Honda Mengguanakn Scaner FDTI-Kline dan Sofware Analisis Pro untuk Siswa Tunarungu
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8492Abstract
Desain pembelajaran vokasional deteksi kerusakan motor Honda menggunakan scanner FTDI-KLine dan software Analisis Pro memiliki peranan strategis dalam membekali anak tunarungu dengan keterampilan teknis di bidang otomotif. Anak tunarungu kerap menghadapi hambatan dalam komunikasi dan akses informasi, sehingga pembelajaran yang bersifat inklusif dan adaptif sangat dibutuhkan. Sayangnya, adopsi teknologi dalam pendidikan vokasional untuk anak tunarungu masih terbatas, terutama dalam bidang otomotif, sehingga menciptakan kesenjangan antara keterampilan yang dibutuhkan di dunia kerja dengan kompetensi lulusan pendidikan khusus. Penelitian ini menggunakan metode mixed methods, yaitu pendekatan kuantitatif eksperimen untuk menguji efektivitas model pembelajaran terhadap peningkatan keterampilan teknis, dan pendekatan kualitatif deskriptif untuk menggali pengalaman serta hambatan peserta didik dalam proses pembelajaran. Hasil dari desain pembelajaran ini diharapkan mampu meningkatkan kesiapan kerja anak tunarungu, khususnya dalam menghadapi perkembangan teknologi digital di bidang otomotif. Penggunaan perangkat scanner FTDI-KLine dan software Analisis Pro menjadi sarana pembelajaran praktis yang relevan untuk membekali siswa dengan hard skills dan soft skills yang dibutuhkan dalam dunia industri kendaraan bermotor, terutama sepeda motor Honda.