Implementasi Model Pembelajaran Peer teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Yusep Saepul Rohman Universitas Garut, Indonesia
  • Acep Rahmat Universitas Garut, Indonesia
  • Anton Anton Universitas Garut, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8494

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam melalui penerapan model pembelajaran peer teaching di kelas X SMA Negeri 19 Garut. Dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dan desain eksperimen semu (quasi-experimental design), penelitian ini melibatkan dua kelompok, yakni kelompok eksperimen yang menggunakan model peer teaching dan kelompok kontrol yang menerapkan metode pembelajaran konvensional. Pengambilan data dilakukan melalui tes sebelum dan sesudah perlakuan pada kedua kelompok. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen setelah diterapkannya model peer teaching. Temuan ini menunjukkan bahwa peer teaching tidak hanya meningkatkan pemahaman materi, tetapi juga mendorong interaksi aktif antara siswa, yang pada akhirnya berkontribusi positif pada hasil belajar mereka. Penelitian ini memberikan sumbangan penting terhadap inovasi metode pembelajaran, terutama dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Published

2025-07-04

How to Cite

Rohman, Y. S. ., Rahmat, A. ., & Anton, A. (2025). Implementasi Model Pembelajaran Peer teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(7), 7352-7358. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8494