Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Angklung Untuk Meningkatkan Kecerdasan Musikal Anak Usia 5-6 Tahun

Authors

  • Laila Zahwa Fi'atunnajiha Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Ni Kadek Aris Rahmadani Universitas Negeri Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8500

Abstract

Kecerdasan musikal merupakan salah satu aspek penting dalam perkembangan anak usia dini yang dapat dikembangkan melalui pembelajaran berbasis seni dan budaya. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi kegiatan ekstrakurikuler angklung dalam membantu meningkatkan kecerdasan musikal anak usia 5-6 tahun di BA Aisyiyah 1 Cepogo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus yang melibatkan subjek penelitian, yaitu kepala sekolah, guru, dan 23 peserta didik kelompok B berusia 5-6 tahun. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti adalah teknik deskriptif naratif yang prosesnya meliputi tiga tahapan utama menurut Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajiann data, penarikan/veirifikasi kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler angklung dapat meningkatkan kecerdasan musikal anak usia 5-6 tahun, dapat membantu anak dalam mengenal pola ritme, melatih pendengaran terhadap nada, meningkatkan koordinasi motorik halus dan kemampuan bekerja sama dalam kelompok, serta anak-anak menjadi lebih percaya diri dalam berekspresi.

Published

2025-07-04

How to Cite

Fi’atunnajiha, L. Z., & Rahmadani, N. K. A. . (2025). Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Angklung Untuk Meningkatkan Kecerdasan Musikal Anak Usia 5-6 Tahun. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(7), 7365-7373. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8500