Pengembangan Model Pelatihan Vokasional Berbasis Sekolah melalui Workshop Shelter untuk Meningkatkan Kompetensi Kerja Peserta Didik Tunagrahita

Authors

  • Yayu Khoerul Bariyyah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Iding Tarsidi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8504

Abstract

Penelitian ini menyajikan gambaran umum tentang pengembangan model pelatihan vokasional berbasis sekolah untuk meningkatkan kompetensi kerja peserta didik tunagrahita di SMALB. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada kebutuhan mendesak untuk meningkatkan keterampilan praktis peserta didik agar mampu memasuki dunia kerja secara mandiri dan produktif. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian tindakan sekolah (PTS), melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi hasil kerja peserta, dengan analisis data melalui reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan secara triangulasi sumber dan metode. Hasil menunjukkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual dan aplikatif yang diperkaya media visual dan latihan berulang mampu meningkatkan keterampilan vokasional dan kepercayaan diri peserta didik secara signifikan. Selain itu, kolaborasi multisektor serta dukungan sosial terbukti berperan penting dalam keberhasilan program. Temuan ini mendukung penerapan model pendidikan berbasis pengalaman nyata dan kolaboratif dalam upaya meningkatkan kualitas kompetensi peserta didik tunagrahita agar siap bekerja dan hidup mandiri, sekaligus memberikan kontribusi pada pengembangan pendidikan inklusif yang berkelanjutan.

Published

2025-07-04

How to Cite

Bariyyah, Y. K., & Tarsidi, I. (2025). Pengembangan Model Pelatihan Vokasional Berbasis Sekolah melalui Workshop Shelter untuk Meningkatkan Kompetensi Kerja Peserta Didik Tunagrahita. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(7), 7396-7402. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8504