Pengaruh Penggunaan Media Video Interaktif terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Sekolah Dasar

Authors

  • Silvi Jihan Mahfiroh Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
  • Enik Setiyawati Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8514

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu keterampilan penting abad ke-21 yang perlu dikembangkan untuk membantu peserta didik mengatasi hambatan belajar dan mendorong inovasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan media video interaktif terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah pra-eksperimen kuantitatif dengan desain one-group pretest-posttest. Subjek penelitian terdiri dari 21 peserta didik kelas IV di SDN Beji II. Tes kemampuan berpikir kreatif diberikan sebelum dan sesudah perlakuan menggunakan materi wujud benda dan perubahannya. Analisis data mencakup statistik deskriptif, uji normalitas, dan uji-t sample berpasangan, yang menunjukkan hasil signifikan (p = 0,000 < 0,05). Skor rata-rata N-Gain sebesar 0,6287 termasuk dalam kategori sedang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media video interaktif secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik sekolah dasar.

Published

2025-07-05

How to Cite

Mahfiroh, S. J. ., & Enik Setiyawati. (2025). Pengaruh Penggunaan Media Video Interaktif terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(7), 7650-7655. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8514