Program Intervensi Dini Bersumberdaya Keluarga dalam Meningkatkan Koordinasi Visual-Motorik pada Anak Cerebral Palsy Berat

Authors

  • Hana Qurrotul Uyun Universitas Pendidikan Indonesia
  • Budi Susetyo Universitas Pendidikan Indonesia
  • Endang Rochyadi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Iding Tarsidi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Herlina Herlina Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ajeng Suryani Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8515

Abstract

Anak dengan cerebral palsy (CP) berat menghadapi hambatan signifikan dalam perkembangan motorik, yang berdampak pada kemandirian dan partisipasi dalam aktivitas sehari-hari. Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan mengimplementasikan program latihan koordinasi visual-motorik berbasis keluarga sebagai alternatif intervensi yang aplikatif di rumah. Menggunakan pendekatan studi kasus kualitatif, program ini diterapkan pada satu anak CP berat selama empat minggu dengan keterlibatan langsung orang tua, khususnya ibu. Hasil menunjukkan adanya peningkatan perhatian visual, inisiasi gerakan tangan untuk meraih objek, serta penurunan spastisitas ringan. Selain itu, ibu menunjukkan peningkatan pengetahuan, keterampilan, dan rasa percaya diri dalam melaksanakan latihan. Temuan ini mendukung pendekatan family-centered service yang menempatkan keluarga sebagai pelaksana utama intervensi. Program ini berpotensi menjadi model intervensi rumah yang sederhana namun berdampak positif dalam mendukung perkembangan anak CP berat, khususnya di wilayah dengan keterbatasan akses layanan profesional.

Published

2025-07-05

How to Cite

Uyun, H. Q. ., Susetyo, B. ., Rochyadi, E. ., Tarsidi, I. ., Herlina, H., & Suryani, A. . (2025). Program Intervensi Dini Bersumberdaya Keluarga dalam Meningkatkan Koordinasi Visual-Motorik pada Anak Cerebral Palsy Berat. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(7), 7409-7414. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8515