Design Thinking pada Mata Pelajaran Rekayasa Perangkat Lunak Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemampuan Mencipta

Authors

  • Khusnul Mila Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Citra Fitri Kholidya Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8519

Abstract

Studi ini  bertujuan untuk  mengetahui pengaruh penerapan metode Design Thinking  pada pembelajaran konsentrasi keahlian Rekayasa Perangkat Lunak   dalam  meningkatkan keterampilan memecahkan masalah dan kemampuan mencipta. Metode Design Thinking  menggabungkan  kreatif dan  pendekatan analitis, dan telah diterapkan di berbagai industri sebagai alat untuk mengatasi tantangan yang kompleks. Namun, penerapannya dalam pendidikan masih relatif baru, terutama pada jurusan Rekayasa Perangkat Lunak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif  pendekatan dengan  menerapkan strategi studi kasus  di dalam  Lingkungan belajar Rekayasa Perangkat Lunak . Data dikumpulkan melalui  observasi kelas, wawancara dengan guru dan  siswa, dan  analisis dalam mencipta  produk  oleh  siswa selama proses pembelajaran. Hasil  menunjukkan bahwa Design Thinking secara signifikan meningkatkan kemampuan siswa untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan memecahkan masalah kompleks dalam konteks desain aplikasi perangkat lunak. Selain itu, Design Thinking dapat  meningkatkan kemampuan siswa  dalam mencipta . Secara keseluruhan, studi ini menyimpulkan  bahwa penerapan Design Thinking pada mata pelajaran konsentrasi keahlian Rekayasa Perangkat Lunak  memiliki potensi besar dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan mencipta .  implikasi dari  penelitian ini menunjuk ke  kebutuhan  untuk eksplorasi selanjutnya dengan  mengintegrasikan metode ini ke dalam  pendekatan pembelajaran yang lebih luas , dengan tujuan menghasilkan siswa yang mampu menghadapi tantangan dunia nyata dengan kreativitas dan percaya diri.

Published

2025-07-05

How to Cite

Mila, K. ., & Kholidya, C. F. . (2025). Design Thinking pada Mata Pelajaran Rekayasa Perangkat Lunak Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemampuan Mencipta. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(7), 7455-7560. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8519