Asesmen Akademik dan Perkembangan Anak Berkesulitan Belajar Membaca di SD Negeri 178 Gegerkalong

Authors

  • Intan Rahma Kamila Universitas Pendidikan Indonesia
  • Budi Susetyo Universitas Pendidikan Indonesia
  • Iding Tarsidi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8526

Abstract

Anak Berkesulitan Belajar Spesifik ialah anak yang memiliki tingkat kecerdasan rata-rata atau bahkan di atas rata-rata, yang memiliki kesulitan secara signifikan dalam aspek membaca, menulis, dan/atau berhitung. Anak Berkesulitan Belajar Spesifik tidak hanya memiliki kendala dalam aspek akademik saja, tetapi juga dalam aspek perkembangannya. Hal ini dapat terlihat dari kesulitannya dalam memberikan perhatian, kurang mampu mengingat, sulit memahami dan menjalankan instruksi yang  panjang, sulit mengorganisir dan mengelola waktu, serta memiliki kesulitan dalam memahami arah dan proporsi. Tentunya, hal ini dapat menghambat perkembangan serta pembelajarannya di kelas. Untuk itu, diperlukan identifikasi dan asesmen bagi anak berbakat untuk mengoptimalkan perkembangan dan pembelajarannya. Penelitian ini akan menyajikan proses pelaksanaan asesmen dan hasil analisis dari data yang diperoleh. Terdapat juga rekomendasi program intervensi yang tepat dan sesuai bagi anak berinisial EMR, yakni konsep pengenalan arah dengan metode bermain, sebagai pre-requisite untuk kemampuan membaca.

Published

2025-07-05

How to Cite

Kamila, I. R. ., Susetyo, B., & Tarsidi, I. (2025). Asesmen Akademik dan Perkembangan Anak Berkesulitan Belajar Membaca di SD Negeri 178 Gegerkalong. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(7), 7598-7607. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8526