Penerapan Joyful Learning dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi: Kajian Systematic Literature Review

Authors

  • Agustinus Djokowidodo Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Kampus Madiun, Indonesia
  • Ardi Wina Saputra Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Kampus Madiun, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8530

Abstract

Salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang dosen yaitu kompetensi pedagogik. Dalam kompetensi pedagogik tercantum salah satu poin yaitu memahami karakteristik peserta didik dari aspek figur, moral, sosial, kultural, psikologis, dan intelektual. Permasalahan yang dibahas yaitu bagaimana pembelajaran yang menyenangkan dilaksanakan agar pembelajaran bahasa Indonesia dapat menarik minat mahasiswa. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan dan menganalisis data yaitu metode Systematic Literature Review (SLR), yaitu dengan langkah merumuskan pertanyaan penelitian, menetapkan kriteria inklusi dan eksklusi, melakukan pencarian literatur secara sistematis, menyaring artikel, mengevaluasi kualitas artikel, dan mensintesis temuan secara naratif. Adapun data-data dikumpulkan dari berbagai literatur joyful learning dari berbagai artikel bereputasi Scopus dengan peringkat Q1 dan Q2, yang telah terbit dalam rentang tahun 2023-2024 dan dianalisis untuk menemukan sintesis dari hasil penelitian atau konsep yang dikemukakan.  Hasil analisis menunjukkan bahwa Joyful Learning memiliki sejumlah keunggulan pedagogis dan psikologis yang signifikan. Pemanfatan joyful learning dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di perguruan tinggi dapat dilakukan melalui penciptaan suasana belajar yang interaktif, relevan secara kontekstual, dan memicu emosi positif mahasiswa sehingga dapat mengubah pembelajaran bahasa Indonesia yang membosankan menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Simpulan penelitian yaitu Joyful Learning sangat baik untuk dimanfaatkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia.

Published

2025-07-05

How to Cite

Djokowidodo, A., & Saputra, A. W. . (2025). Penerapan Joyful Learning dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi: Kajian Systematic Literature Review. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(7), 7629-7636. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8530