Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Flipbook pada Pembuatan Blus Kelas X SMK Busana

Authors

  • Reski Usman Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Esin Sintawati Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Umi Kulsum SMK Negeri 5 Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8532

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis flipbook pada materi pembuatan blus untuk siswa kelas X Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Tata Busana. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada kebutuhan akan media pembelajaran yang kontekstual, interaktif, dan sesuai dengan karakteristik peserta didik abad ke-21. Penelitian menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, yang meliputi tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian adalah 20 siswa kelas X serta dua ahli (materi dan media) di SMK Negeri 5 Malang. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, validasi ahli, dan angket respon siswa. Hasil validasi menunjukkan bahwa LKPD dinyatakan sangat layak oleh ahli materi (91,7%) dan ahli media (94,64%). Uji kepraktisan oleh peserta didik juga menunjukkan kategori sangat praktis dengan rata-rata persentase 84,95%. Media flipbook yang dikembangkan terbukti efektif untuk mendukung pembelajaran praktik secara visual dan interaktif, serta mampu meningkatkan motivasi dan kemandirian belajar siswa. Dengan demikian, LKPD berbasis flipbook digital ini layak dijadikan alternatif media pembelajaran pada materi pembuatan blus di SMK.

Published

2025-07-05

How to Cite

Usman, R., Sintawati, E., & Kulsum, U. (2025). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Flipbook pada Pembuatan Blus Kelas X SMK Busana. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(7), 7616-7622. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8532