Perencanaan Pengembangan Media YULIBOART Berbasis Visual-Taktil untuk Meningkatkan Pemahaman Matematika Anak dengan Autism Spectrum Disorder (ASD)

Authors

  • Yulianti Yulianti Universitas Pendidikan Indonesia
  • Iding Tarsidi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8535

Abstract

Anak dengan Autism Spectrum Disorder (ASD) menghadapi tantangan dalam memahami konsep matematika yang abstrak. Berdasarkan kebutuhan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk merancang media pembelajaran berbasis visual-taktil yang ramah sensorik dan sesuai dengan gaya belajar anak ASD, yaitu YuliBoart (Magnet Math Board). Media ini dirancang untuk memfasilitasi pembelajaran matematika dasar seperti pengenalan angka, penjumlahan, dan pengurangan sederhana melalui pendekatan konkret dan multisensori. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif yang berfokus pada tahap perencanaan pengembangan media. Data dikumpulkan melalui studi literatur, observasi kebutuhan di lapangan dan analisis terhadap teori pembelajaran enaktif (Bruner) serta teori integrasi sensorik (Ayres). Hasil perencanaan menunjukkan bahwa YuliBoard mengintegrasikan elemen visual dan taktil dalam bentuk papan magnetik yang dapat dimanipulasi secara langsung oleh anak dengan desain sederhana namun efektif untuk merangsang pemahaman konsep matematika. Media ini diharapkan menjadi alternatif yang praktis dan adaptif bagi guru, terapis, maupun orang tua dalam mendukung pembelajaran anak ASD.

Published

2025-07-05

How to Cite

Yulianti, Y., & Tarsidi, I. . (2025). Perencanaan Pengembangan Media YULIBOART Berbasis Visual-Taktil untuk Meningkatkan Pemahaman Matematika Anak dengan Autism Spectrum Disorder (ASD). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(7), 7623-7628. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8535